Ronaldinho: Bagi Saya, Sepatu Adalah Segalanya | Bola Online

ukrlib.net – Untuk pertama kalinya, kami tidak membutuhkan penerjemah. Seisi ruangan itu tahu apa yang dia katakan. Ronaldinho, disaat prinsipnya berbicara bhs Portugis, dan bhs itu tidak terdengar selama nyaris 40 menit di ruangan. waktu video Sepakan ke tiang gawang nampak, seluruh batasan diantara kami hilang.

Ronaldinho: Bagi Saya, Sepatu Adalah Segalanya | Bola Online

“itu ialah kegembiraan spesifik,” katanya, memakai kata yang sering dipakainya untuk menggambarkan kariernya: alegria. “Setiap orang menanya pada saya setiap waktu (apakah itu video itu nyata). Bahkan hingga sekarang mereka tetap menanya.”

Dan hingga sekarang, iklan itu tetap menjadi bagian dari reputasinya.

“Video itu tidak menjadi masa lalu. itu tetap berada disini, sekarang,  kita. itu tetap menjadi bagian dari segalanya.”

Yang dimaksud  “segalanya” ialah menimpa ciri khas, ciri khas Nike yang sudah dimiliki sebelum mensponsori Ronaldinho. satu tahun sebelum mengontrak legenda Brasil itu, Nike sudah membuatnya  bintang basket Michael Jordan, yang reputasinya ikut mengangkat nama universitasnya (North Carolina), tim yang dibelanya (Chicago Bulls), serta juga kompetisi (NBA) melewati salah satu video olah raga terberhasil dalam histori.

Bagi Ronaldinho, iklan Sepakan ke mistar gawang itu memberikan efek yang sama juga  video sepatu Nike Mars Blackmon yang membuat tampil Jordan. Barcelona dan Brazil yang sudah menjadi bagian hidupnya, akan tetapi bagian lain dari identitasnya tetap harus dibentuk. Ada sesuatu yang lebih fundamental dalam iklan Sepakan mistar gawang itu

“Saya senantiasa menjadi duta sepakbola freestyle,” katanya, “jadi saya amat gembira melihat bagaimana anak-anak di jalanan antusias untuk mencari jalan [untuk menjiplak video tersebut]. Apa itu mungkin? Apakah itu tak mungkin? Di jalanan, seluruh orang mencari jalannya. Tidak masalah Apa bila Anda bisa membuatnya atau tidak. itu cuma tentang mencari jalan; energi dari manusia yang bebas dan berusaha,.”

walaupun gelar Piala Dunia dan Liga Champions menolong mengangkat reputasi Ronaldinho,  seperti itu halnya  video ia mengenakan sepatu Tiempo waktu melakukan juggling untuk menendang bola ke mistar gawang. akan tetapi disebabkan relasi tersebut itu, sukar untuk menyebutkan bagaimana reputasi sang pemain bermula dan dikenang. Kita tahu apa yang kita pikirkan waktu kita mengingat Ronaldinho, si footballer cerdas, pemain yang kreativitasnya dan tetap tak tertandingi dalam dunia sepakbola. Seberapa besar perihal tersebut, ialah gambaran dari bagaimana luar umumnya karier dari legenda hidup sepakbola Brazil ini.

waktu dirinya tetap remaja di awal tahun 90an, dia sudah menjadi fenomena di Brasil, akan tetapi dia belum memperoleh sorotan dunia hingga tahun 1997, waktu dia tampil di Piala Dunia U-17. diantara periode tersebut, pada usia 15 tahun, ia membuat tanda tangani perjanjian sepatu awalannya – pertanda pertama bahwa kepopuleran Ronaldinho di kancah lokal akan bisa merambah ke seluruh dunia.

“itu sudah lama sekali,” katanya,  terharu mengingat waktu dia tetap seorang pemain yang memakai nama Ronaldo de Assis Moreira -nama aslinya. Dia lantas dikenal  nama Ronaldinho Gaucho, layaknya ia dikenal di Brasil, tapi bahkan waktu dia lakukan tembusan tim nasional, dia tetap butuh enam tahun lagi untuk menjadi bintang dunia di Eropa. Nike dan Ronaldinho sudah bekerja sama bahkan sebelum dunia mengetahui Ronaldinho.

“Ada banyak kegembiraan selama proses itu,” ia memberi penjelasan. “Banyak kawan saya amat beri dukungan saya. Perasaan itu tidak bisa digambarkan. Sungguh luar biasa, dan memang seperti itu wujudnya.”

Sekarang di usianya yang sudah 37 tahun, Ronaldinho telah bekerja sama juga  perusahaan itu lebih lama dari seluruh Club yang pernah diperkuatnya; Lebih lama dari jalinan  seluruh pacarnya, layaknya yang dia katakan. bentuk rupanya untuk Brasil, dari U-17 ke tim senior Seleçao, membentang selama 18 tahun. Dia telah bekerja sama juga  Nike selama 22 tahun.

“Pada titik ini, saya telah  Nike sepanjang hidup saya,” katanya. “ini Tempat Tinggal saya.”

amat mudah untuk punya sikap sinis tentang jalinan antara bintang dan sponsor mereka. Kapan pun atlet berbicara tentang sponsor mereka, seringkali  amat meyakinkan, memberi ingatan kita akan dua hal yang mematikan: perbedaan dan keterkaitan antara bisnis dan kebesaran pemain di lapangan.

akan tetapi sukar punya sikap sinis pada Ronaldinho. Di lapangan, dia ialah pemain yang terus membuat sesuatu gol, yang memaksa orang yang paling pragmatis sekali pun untuk berterus terangi bahwa keindahan permainan bisa melebihi hasil akhir. Bahkan sekarang, dua tahun sesudah beranjak lapangan, sukar melihat seorang pria mengenakan topi Kangol terbalik, mengenakan kaus dan celana pendek, dan kaus kaki  tanda garis yang menjadi wakil logo perusahaan. tak ada kesinisan menimpa Ronaldinho

“Saya senantiasa menjadi diri saya sendiri,” jelasnya. “itulah yang  bikin saya bernasib baik, terlebih bicara soal style bermain. Saya cuma bisa bermain cocok atau sepadan kemauan saya. Saya tidak pernah berura-pura. Saya senantiasa layaknya yang dulu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *