Ahli Sebut Tsunami Tak Hanya Rawan di Jawa

 

 

Telah jadi rahasia biasa bila posisi geografis Indonesia membuat negeri ini mempunyai kemampuan musibah yang lumayan besar. Mulai dari guncangan dunia, erupsi gunung berkobar, sampai tsunami.

Belum lama ini, suatu hasil studi yang dicoba oleh ITB menguak kemampuan guncangan di Selatan Pulau Jawa. Dalam studi itu, ITB mengatakan rute hening guncangan di Samudera Indonesia berpotensi jadi pangkal guncangan besar megathrust yang mengakibatkan gelombang tsunami setinggi 20 m.

Warnanya bukan cuma Pulau Jawa. Periset Institut Teknologi Bandung( ITB), Andri Dian Nugraha berkata bila area Sumatera sampai Papua rawan hadapi tsunami. Perihal ini diakibatkan sebab alam subduksi sendiri terbentang dari Sumatra sampai Papua.

” Aku rasa di Indonesia,” tutur Andri dalam webinar, Rabu( 23 atau 9).” Sejauh alam subduksi dari tepi laut barat Sumatra, selatan Jawa, selatan Bali, selatan Maluku, hingga ke utara Sulawesi serta serupanya, dan Papua wilayah utara merupakan wilayah rawan tsunami.”

Alam subduksi yang terdapat di dasar laut bisa mengakibatkan terbentuknya tsunami. Perihal ini dapat terjalin bila alam subduksi itu hadapi pergantian aturan, terlebih kala guncangan dengan magnitudo yang besar serta cetek, kurang dari daya 40 km.

Guncangan yang memunculkan tsunami pada dasarnya dengan cara seismologi dapat dianalisis.” Aku duga dapat dicoba analisa kala terjalin guncangan yang kokoh di laut ataupun di daerah- daerah yang memiliki kemampuan perpindahan kolom air,” ucapnya.

Analisa itu dapat dicoba dengan mencermati beberapa perihal mulai dari magnitudo, gelombang, daya, sampai metode sumbernya. Sedangkan itu, Periset ITB Sri Widiyantoro mengantarkan laut selatan Jawa mempunyai wilayah yang relatif hening guncangan. Alam hening guncangan ini berpotensi membebaskan membebaskan magnitudo yang besar kala aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *