Contoh Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan yang Ada di Indonesia

Contoh Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan yang Ada di Indonesia

Contoh Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan yang Ada di Indonesia

Dalam pengetahuan geografi dikenal makna kenampakan. Kenampakan dibagi menjadi dua jenis, yaitu kenampakan alam dan kenampakan buatan.

Kenampakan alam adalah kenampakan yang tersedia di lingkungan dan terbentuk oleh alam bersama sendirinya. Sedangkan Kenampakan buatan adalah segala sesuatu yang tersedia di alam dan terbentuk dikarenakan campur tangan manusia.
Ada banyak kenampakan alam dan buatan yang tersedia di Indonesia. Untuk mengetahuinya simaklah penjelasan berikut.
Pasang Bola
Kenampakan Alam di Indonesia

Kenampakan alam terjadi akibat tenaga eksogen dan endogen bumi. Tenaga ini lantas membentuk relief cekungan dan tonjolan. Adapun macam-macam kenampakan alam adalah sebagai berikut:

Pegunungan

Pegunungan adalah sekumpulan bukit yang membentuk barisan. Bukit yang dimaksud adalah yang kecil dan besar. Adapun jenis pegunungan di Indonesia di antaranya Pegunungan Bukit Barisan, Pegunungan Tengger, dan Pegunungan Verbek.

Gunung

Gunung merupakan gundukan tanah yang benar-benar tinggi. Dibanding yang lain, gunung merupakan kenampakan alam yang paling tinggi.
Ada bermacam jenis gunung yang tersebar di Indonesia, yaitu gunung berapi, gunung berisi batu bara, dan gunung kapur. Adapun gunung yang tersedia di Indonesia di antaranya Gunung Bromo, Gunung Rinjani, dan Gunung Merapi.

Danau

Danau adalah genangan air yang benar-benar luas dan dikelilingi daratan. Danau terbentuk dikarenakan moment alam, letusan gunung berapi, dan pengikisan atau patahan bumi. Salah satu danau yang populer di Indonesia adalah Danau Toba.

Selat

Selat adalah kenampakan alam yang berwujud laut sempit. Selat mampu menghubungkan pulau satu bersama pulau lainnya. Beberapa selat yang tersedia di Indonesia di antaranya Selat Sunda, Selat Bangka, dan Selat Gaspar.

Kenampakan Buatan di Indonesia

Kenampakan buatan ini kebanyakan bertujuan sebagai daerah konservasi bagi hewan dan tumbuhan yang terancam punah. Selain itu, kenampakan buatan termasuk berfaedah sebagai daerah penampungan air hujan dan penunjang aktivitas manusia lainnya. Adapun macam-macam kenampakan buatan adalah sebagai berikut.

Waduk

Waduk adalah sebuah bendungan yang dibuat oleh manusia sebagai daerah penampungan air. Waduk ini mampu digunakan sebagai penghalang aliran air sungai, penyedia air bagi masyarakat, dan anggota dari proses irigasi sawah.

Kebun Binatang

Kebun binatang dibuat manusia sebagai daerah konservasi bagi hewan. Kenampakan buatan ini dibuat semirip barangkali bersama habitat aslinya.

Tidak cuma untuk hewan yang terancam punah, kebun binatang termasuk digunakan sebagai layanan edukasi masyarakat. Ada dua jenis kebun binatang di Indonesia, yaitu kebun binatang konvensional dan taman safari.

Kebun binatang konvensional adalah kebun binatang biasa bersama banyak kandang di dalamnya. Sedangkan di Taman Safari, para binatang bebas berkeliaran di alam bebas.

Cagar Alam

Cagar alam adalah tidak benar satu kenampakan buatan yang dibuat sebagai habitat untuk tumbuhan. Di daerah ini lingkungan dibuat semirip barangkali bersama habitat aslinya. Cagar alam dibuat untuk menjaga tumbuhan langka dan terancam punah.

Kunjungi Juga : Berita Geografi Terbaru Hari Ini

Pemukiman Penduduk

Pemukiman masyarakat adalah kenampakan alam yang dibuat untuk daerah tinggal dan memudahkan aktivitas manusia. Pemukiman bersama luas dan jumlah masyarakat yang benar-benar banyak akan terhimpun menjadi sebuah kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *