Fenomena Hari Tanpa Bayangan Mampir di Yogyakarta, Catat Waktunya

Kejadian hari tanpa bayang- bayang akan terjalin di Yogya, Minggu( 13 atau 10 atau 2019) persisnya jam 11. 24 Wib. Pada hari serta jam itu mentari hendak pas terletak berdiri lurus di atas Yogya.

Kepala Golongan Informasi serta Data Stasiun Ilmu cuaca BMKG Yogyakarta, Etik Setyaningrum berkata, pada dikala itu posisi mentari memanglah terletak di Pulau Jawa.

Serta dikala bulan- bulan itu kerap diucap Equinox, dimana mentari pas terletak di garis katulistiwa.

Etik Setyaningrum meningkatkan, Equinox terjalin satu tahun 2 kali. Buat area Yogyakarta yang terletak di selatan garis khatulistiwa, kulminasi mentari hendak terjalin pada kisaran bertepatan pada 13 Oktober jam 11. 24 Wib.

” Situasi ini lazim diucap hari tanpa bayang- bayang, karena dikala itu posisi mentari berdiri lurus pas di atas area Yogyakarta. Jadi apabila kita terletak di luar seolah hendak tidak terdapat bayang- bayang yang timbul, bila situasi cuaca tidak mendung,” ucapnya pada KRJOGJA. com, Sabtu( 05 atau 10 atau 2019).

Baginya hawa yang lazim terjalin di rentang waktu kulminasi ini pada biasanya temperatur hawa dapat terasa lebih panas. Situasi semacam ini umum terjalin di bulan September- Oktober serta pada bulan- bulan itu pula sedang masuk rentang waktu masa gersang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *