Gempa Bikin Pelabuhan Ratu Jadi Gempar

Gempa Bikin Pelabuhan Ratu Jadi Gempar

Gempa tektonik bermagnitudo 3,4 mengguncang lokasi Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jawa Barat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat lindu itu terjadi Rabu dinihari, 28 Oktober 2020 pada pukul 00.00.13.WIB. Sumber gempa berada di laut tapi tidak berpotensi tsunami.

Episenter terletak pada koordinat 7.37 LS dan 106.37 BT atau tepatnya berlokasi di laut. “Berjarak sekitar 46 kilometer arah barat energi Kabupaten Sukabumi,” kata Hendro Nugroho, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang melalui info tercantum Rabu 28 Oktober 2020.

Jenis gempanya tergolong dangkal bersama kedalaman sumber 29 kilometer. “Akibat aktivitas subduksi di selatan Pulau Jawa,” ujarnya.

Dampak gempa yang diekspresikan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan berasal dari masyarakat, getaran lindu dirasakan di lokasi Pelabuhan Ratu. Skala intensitas gempanya II MMI.

Getaran gempa bumi itu dirasakan oleh sebagian orang dan memicu benda-benda mudah yang digantung bergoyang. Sejauh ini belum ada laporan berkenaan kerusakan bangunan sebagai efek gempa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *