Gempa Bumi Hari Ini Terjadi di Yogya, Pacitan, Ambon 24 Sept 2020

 

Sejumlah gempa bumi hari ini memicu guncangan yang terasa di beberapa daerah. Gempa terkini memicu guncangan di Yogyakarta pada Kamis malam (24/9/2020).

Gempa berkekuatan magnitudo 4,7 tersebut terjadi pada Kamis malam, pukul 20.20 WIB saat detik ke-33. Mengutip data BMKG, gempa itu berpusat di laut samudera hindia, arah 72 kilometer barat daya Pacitan, Jawa Timur.

Berpusat di kedalaman 24 km yang terletak di koordinat 8.78 LS dan 110.88 BT, gempa itu memicu guncangan yang terasa dalam skala MMI II-III di kawasan Bantul, Yogyakarta dan Gunungkidul. Tiga daerah ini berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelumnya, pada Kamis sore, gempa bumi juga mengguncang Ambon dan sekitarnya. Berdasarkan data BMKG, Gempa Ambon berkekuatan Magnitudo 4,1 tersebut terjadi pada pukul 16.35.19 WIB, Kamis, 24 September 2020.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gempa ini berpusat di kedalaman 10 kilometer. Lokasi pusat gempa tersebut berada di darat. Pusat gempa Ambon ini berada sekitar 19 km arah timur laut dari Kota Ambon. Adapun koordinat pusat gempa berada pada 3.62 LS dan 128.33 BT.

Guncangan akibat gempa hari ini dirasakan di Kota Ambon dengan skala MMI III. Selain itu, gempa juga dirasakan warga di kawasan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, dalam skala yang sama.

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) III menunjukkan bahwa getaran akibat gempa dirasakan nyata dalam rumah. Guncangan akibat gema terasa seperti getaran saat ada truk berlalu.

Pada hari yang sama, gempa juga terjadi dengan usat di laur arah 38 km barat daya Bengkulu Selatan, pada pukul 16.35.08 WIB. Pusat gempa dengan kekuatan magnitudo 4 itu berada di kedalaman 37 km. Dampak gempa pada Kamis sore ini adalah guncangan skala MMI 1-2 yang terasa di kawasan Manna, Bengkulu Selatan.

Dua gempa lain yang juga terjadi pada 24 September 2020, muncul saat dini hari dan memicu guncangan yang terasa di kawasan Mamasa, Sulawesi Barat.

Gempa Mamasa yang pertama terjadi pukul 00.07.57 WIB, Kamis dini hari dengan magnitudo 3,3. Pusat gempa ini di darat, arah 6 km tenggara Kabupaten Mamasa. Guncangan akibat gempa ini terasa dengan skala MMI II.

Berikutnya, terjadi lagi gempa pada pukul 00.09.00 WIB, dengan kekuatan magnitudo 3,6. Gempa dengan guncangan yang terasa pada skala MMI II-III di Mamasa tersebut berpusat di darat. Pusat gempa ada di kedalaman 10 km dan berlokasi di arah 17 km tenggara Mamasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *