Kondisi Geografis Asia Tenggara yang Mencakup 11 Negara

 

Asia Tenggara merupakan bagian wilayah di benua Asia yang terletak di antara 29°LU – 11°LS dan 93°BT – 141°BT. Ada 11 negara yang menjadi bagian Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Asia Tenggara sendiri terbagi ke dalam dua bagian, yaitu Asia Tenggara Dalam (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM). Negara-negara ATD terdiri dari Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietman. Sedangkan negara-negara ATM adalah Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Timor Leste.
Secara geografis, letak Asia Tenggara sering disebut strategis. Itu karena Asia Tenggara diketahui menjadi jalur lalu lintas perdagangan internasional.
Kondisi geografis adalah keadaan alam yang berada di muka bumi yang membentuk lingkungan hidup manusia. Kondisi ini terdiri dari unsur-unsur bentang alam, letak, luas, iklim, batas wilayah, dan sebagainya.
Asia Tenggara juga berada di antara perairan Samudera Hindia, Teluk Benggala, Laut Cina Selatan, Samudera Pasifik. Jika dihitung secara keseluruhan, Asia Tenggara memiliki luas wilayah sebesar 4. 511.167 km².
Kondisi Geografis Asia Tenggara yang Mencakup 11 Negara (1)
Asia Tenggara. Foto: iStock
Bentang alam negara-negara Asia Tenggara juga terbagi menjadi dua, yakni semenanjung dan kepulauan. Berikut pembagiannya.
ADVERTISEMENT
Daratan Semenanjung

*Myanmar
*Thailand
*Laos
*Kamboja
*Vietnam
*Malaysia bagian barat

Daerah Kepulauan

*Filipina
*Indonesia
*Singapura
*Timor Leste
*Malaysia bagian timur

Negara-negara di Asia Tenggara memiliki iklim tropis, curah hujan tinggi, dan suhu udara panas. Namun, hal ini berbeda pada Myanmar yang menjadi negara Asia Tenggara dengan iklim subtropis.
Sementara dari segi Sumber Daya Alam (SDA), Asia Tenggara dikenal memiliki keragaman flora dan fauna, dikelilingi lautan, memiliki jenis tanah vulkanik dan aluvial, serta memiliki hasil tambang di tiap negara kecuali Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *