‘Lubang Misterius’ Mengisap Air Danau di Oregon AS

Pada masa gugur serta dingin, Lost Lake di Oregon, Amerika Sindikat merupakan situ cetek yang dikelilingi tumbuhan pinus, yang terletak dekat jalur raya.

Tetapi, di masa panas, juru mudi yang melintas tidak hendak mendapati perairan itu. Bagian situ seluas 0, 34 km lenyap serta berganti jadi padang rumput.

Suatu film merekam momentum abnormal, kala air Lost Lake di Amerika Sindikat terhirup kencang habis ke dalam lubang misterius berdiameter 2 m. Semacam kolam air yang sumbatnya dilepas. Beberapa dasar situ juga nampak mengering.

Masyarakat lokal di Oregon berkata, kejadian itu sudah terjalin semenjak lama.

Para akademikus beriktikad, penampakan dahsyat itu diakibatkan oleh lahar tube( botol lahar), gorong- gorong di dataran Dunia yang terwujud buat menjemur lahar sepanjang insiden erupsi gunung berkobar.

” Pada Lost Lake, lahar tube pingsan serta jadi lubang penyedot di situ itu,” tutur McHugh Williamette National Forest pada ABC News, seperti

Di akhir masa gugur, jumlah air di situ melampaui kemambuan lahar tube itu buat mengalirkan banyu. Juga dikala masa dingin dampak hujan serta guyuran salju.

Kala masa hujan selesai, situ sedalam 2, 7 m itu kehabisan pangkal airnya. Serta air setelah itu lenyap, masuk ke botol lahar. Sirna. Daur itu terjalin masing- masing tahun.

Masyarakat di era kemudian sudah berupaya buat menutup lubang itu. Tetapi, hasrat itu mundur dikala diberi ketahui, perihal itu dapat menimbulkan pemukiman serta pusat bidang usaha setempat kebanjiran.

Kemudian, ke mana air yang terhirup mengalir?

Dipercayai, air terhirup ke Dunia, saat sebelum merembes kembali lewat mata air di wilayah setempat.” Kesimpulannya air yang serupa timbul serta itu terdapat di kopi pagi aku saat ini,” tutur McHugh.

Botol Lava

Kehadiran lahar tube kerap ditemui di Oregon– yang mempunyai banyak air terjun, pegunungan, gunung aktif yang menghampar dari selatan British Columbia ke California Utara.

Dikala gerakan lahar mengalir turun dari gunung, bagian luarnya hendak mendingin serta dikala kontak dengan hawa. Lahar panas lalu mengalir di dasar lapisan yang membeku.” Mendekati gorong- gorong dasar tanah,” tutur McHugh.

Sehabis lahar panas mengalir, yang tertinggal merupakan botol hampa. Beberapa botol jadi ekosistem istimewa untuk binatang serta jadi pementasan darmawisata.

Lost Lake terletak di batuan vulkanik yang tercipta 12. 000 tahun kemudian. Dikala batuan belia itu tercipta, beliau terisi oleh buih gas– yang meninggalkan pori- pori dikala gas itu menguap ke hawa.

Tetapi, orang tidak senantiasa menghormati botol lahar.” Pada Lost Lake, sebagian orang main- main menutup lubang drainase serta pula melontarkan kotor ke situ sepanjang bertahun- tahun,” tutur McHugh.

” Kita tidak mau mengusik cara natural, serta kita menghindari usaha menutup lubang,” tutur McHugh.” Terlebih lagi, lubang situ mengarah meluap serta membanjiri jalur raya di dekatnya,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *