Prinsip Geografi, Tahu Mulai dari Pedaran sampai Korologinya

Prinsip Geografi, Tahu Mulai dari Pedaran sampai Korologinya

Prinsip Geografi, Tahu Mulai dari Pedaran sampai Korologinya

Tutur” Geografi” berawal dari bahasa Yunani, ialah geo yang mempunyai maksud Dunia serta graphos yang mempunyai maksud cerita. Jadi, geografi merupakan ilmu yang menelaah pertemuan posisi serta perbandingan keruangan atas kejadian raga serta orang di dataran Dunia.

Ilmu geografi pasti mempunyai prinsip geografi yang dipakai buat menarangkan bermacam kejadian geografi. Selanjutnya uraiannya!

Persebaran

Prinsip pedaran ataupun penyaluran dipakai buat menganalisa pertanda serta kejadian geografi yang terhambur di dataran dunia dengan cara tidak menyeluruh.

Kejadian itu bisa berbentuk kejadian raga ataupun kejadian sosial.

Kejadian geografi yang diawasi dapat berbentuk alam, belukar, binatang, serta orang. Prinsip ini dipakai buat mengatakan ikatan dampingi kejadian dengan cara global. Prinsip pedaran ini pula digunakan buat berspekulasi kondisi yang hendak tiba.

Ilustrasi:

pedaran flora serta fauna di Indonesia, pedaran kemampuan air, serta pedaran wisatawan di Indonesia.

Inteleransi

Prinsip ini dipakai buat menganalisa ikatan yang silih terkait

antara pertanda yang satu dengan pertanda geografi yang yang lain dalam sesuatu ruang. Ikatan yang silih terpaut itu bisa terjalin antara kejadian raga serta kejadian sosial. Singkatnya, prinsip ini bisa diterapkan buat mengurai ikatan antara tanda- tanda dalam sesuatu ruang.

Ilustrasi: kekeringan yang terjalin bagaikan akibat dari terdapatnya kejadian La Nina, serta kejadian banjir yang terdapat terjalin dampak pembalakan hutan pada area asal.

Deskripsi

Prinsip cerita dipakai buat membagikan uraian lebih jauh serta komplit terpaut tanda- tanda yang terjalin di wajah dunia yang bisa dicermati. Pedaran dan ikatan dari pertanda serta kejadian itu bisa dihidangkan dalam wujud informasi, diagram, ataupun denah.

Ilustrasi: Diagram nilai pengangguran pada provinsi Sumatra Barat, diagram denah gunung vulkanik di bumi, serta denah area lautan pada area Eropa

Korologi

Korologi ialah prinsip geografi yang menyeluruh sebab mencampurkan prinsip- prinsip yang lain. Dalam prinsip korologi, masing- masing pertanda ataupun kejadian geografi dikaji melalui mencampurkan prinsip- prinsip pedaran, interelasi, serta cerita.

Analisis dengan prinsip korologi bisa menunjukkan terdapatnya perbandingan pertanda, kejadian, serta kenyataan antarwilayah.

Ilustrasi: buat bisa mengenali permasalahan temperatur hawa, dibutuhkan riset hal perbandingan temperatur hawa pada pedesaan serta perkotaan, dan akibat banyaknya pepohonan yang terletak di dusun kepada temperatur hawa di area pedesaan dibandingkan perkotaan.

Seperti itu prinsipi- prinsip geografi bersama ilustrasinya. Mudah- mudahan bisa menaikkan uraian kalian betul!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *