tentang potensi gempa

Hasil kajian peneliti Institut Teknologi Bandung ( ITB) tentang potensi gempa kuat di zona megathrust dan terjadinya tsunami 20 meter di selatan Jawa banyak mendapat apresiasi dari para ahli lainnya.

Selain mendapat apresiasi dari Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Dr Daryono, pakar tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pun mengimbau agar semua pihak waspada.

Sementara itu, Tribunjabar.id mencatat gempa bumi terbaru yang mengguncang selatan Jawa dalam sepekan ini terjadi empat kali, di Jawa Timur dan Jawa Barat.

 

Seperti diketahui, BMKG telah menginformasikan gempa bumi berkekuatan 3.5 magnitudo telah mengguncang wilayah Sukabumi, Minggu, (27/9/2020).

Gempa bumi yang berpusat di 7.01 LS – 107.01 BT, 10 kilomter Tenggara Kota Sukabumi, dengan kedalam 10 kilomter, itu guncangannya dirasakan oleh sejumlah warga Sukabumi, namun hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

 

Kepala BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardani, mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 16.23 WIB.

“Gempa yang terjadi tadi sore itu, hingga kini belum ada laporan kerusakan atau apapun dari masyrakat,” katanya saat dikonfrimasi melalui sambungan telepon, Minggu.

Namun lanjut dia, adanya gempa bumi berkekuatan 3.5 magnitudo tersebut masyarakat diimbau untuk waspada, karena dikhawatirkan akan terjadinya gempa susulan.

“Masyarakat harus tanggap apabila ada retak pada bangunan agar segera melakukan retrofitng atau perbaikan untuk penguatan bangunan supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih besar,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya hingga kini masih menunggu informasi lanjutan terkait gempat bumi darat tersebut dari BMKG Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *