Update Cuaca Banyuwangi 10 November 2020

Update Cuaca Banyuwangi 10 November 2020

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III di Kabupaten Banyuwangi menyebut, cuaca yang mulai lumayan panas memasuki Bulan November 2020 tergolong Pasang Bola  normal, yakni di kisaran 32-33 derajat celcius.

Pengunjung maupun wisatawan yang datang ke destinasi di Banyuwangi diimbau buat persiapan payung maupun jas hujan untuk hadapi anomali cuaca terhadap jaman pancaroba.

Prakirawan BMKG Banyuwangi, Gigik Nurbaskoro mengatakan, cuaca panas yang dirasakan sebagian penduduk di Banyuwangi terjadi dikarenakan menipisnya jumlah awan di atmosfer terhadap jaman peralihan musim dari kemarau memasuki penghujan.

“Cuaca kecuali penduduk merasakan panas ini wajar dikarenakan liputan awan di atmosfer didalam sebagian pekan sedikit, sehingga mulai panas. Dan posisi matahari di selatan, dekat ekuator, di wilayah Banyuwangi untuk gerak semunya.”

“Tapi kecuali dibandingkan kebanyakan suhu normal selama 3 tahun terhadap periode bulan November ini normal,” ujar Gigik di area kerjanya, Senin (9/11) sore.

Gigik melanjutkan, sejumlah wilayah di Kabupaten Banyuwangi sendiri sudah tersedia yang memasuki musim penghujan dan tersedia termasuk yang belum. Hal ini terjadi dikarenakan topografi wilayah pegunungan, laut dan ketinggian daratan yang berbeda.

Gigik menyebut di Banyuwangi dibagi 8 grup alur masuknya musim penghujan dari awal Bulan November hingga dasarian ketiga Bulan Desember.

“Di Banyuwangi sendiri tersedia 8 zona wilayah, dan itu pergerakan musimnya berbeda. Pertama di Banyuwangi anggota barat, itu lebih dahulu masuki musim hujan, kemudian Banyuwangi anggota tengah dan selatan terhadap awal Desember. Sekarang menuju awal musim hujan, tapi dapat saja mundur satu dasarian,” ujarnya.

Musim penghujan sendiri diperkirakan mulai merata di sejumlah kawasan Banyuwangi terhadap pekan ketiga Bulan November. Pada jaman peralihan musim ini, ditandai suasana cuaca ekstrem tiba-tiba seperti hujan lebat tiba-tiba, angin kencang dan timbulnya gumpalan awan cumulonimbus terhadap pagi dan sore hari.

“Pada jaman peralihan atau transisi mesti menaikkan kewaspadaan, suasana atmosfer yang labil dapat pengaruhi cuaca yang ekstrem secara tiba-tiba,” terangnya.

Sementara itu, prakiraan cuaca di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi terhadap Selasa (10/11) kondisinya cerah berawan. Destinasi Kawah Ijen bersuhu 20-28 derajat celcius, kemudian Pulau Merah 24-32 derajat celcius, pantai Boom 22-33 derajat celcius dan pantai G-Land di Taman Nasional Alas Purwo raih 24-32 derajat celcius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *